KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah
SWT Tuhan Semesta Alam karena atas izin dan kehendakNya sehingga makalah sederhana ini
dapat kami rampungkan tepat pada waktunya.
Penulisan dan pembuatan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Adapun yang kami bahas dalam makalah sederhana ini
tentang
“Pengertian Evaluasi Pembelajaran, Perbedaan Pengukuran Dan Penilaian, Fungsi
Dan Manfaat Penilaian Hasil Belajar”.
Dalam penulisan makalah ini kami menemui berbagai
hambatan yang dikarenakan terbatasnya Ilmu Pengetahuan kami mengenai hal yang
berkenaan dengan penulisan makalah ini. Oleh karena itu sudah
sepatutnya kami berterima kasih kepada dosen kami yang telah memberikan
limpahan ilmu berguna kepada kami.
Kami menyadari akan kemampuan kami yang masih amatir.
Dalam makalah ini kami sudah berusaha semaksimal mungkin.Tapi kami yakin
makalah ini masih banyak kekurangan disana-sini. Oleh karena itu kami
mengharapkan saran dan juga kritik membangun agar lebih maju di masa yang akan
datang.
Pamekasan,
01 April 2014
Penulis
Kelompok I
DAFTAR ISI
Halaman Judul
Kata Pengantar......................................................................................................
Daftar Isi...............................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................
1.1
Latar Belakang........................................................................................
1.2 Rumusan Masalah....................................................................................
1.3 Tujuan.......................................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Evaluasi..................................................................................
2.2
Perbedaan
Pengukuran Dan Penilaian......................................................
2.3
Fungsi Dan Mamfaat Penilaian Hasil Belajar...........................................
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan...............................................................................................
Daftar Pustaka.......................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Mengajar merupakan pekerjaan dan tugas yang
berat dan komplek, di samping itu juga merupakan tugas yang harus di
pertanggung jawabkan.
Evaluasi
merupakan salh satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dalam proses
pembelajaran. Oleh karena itu guru hgarus mengerti dan trampil dalam
mel;aksanakan kegiatan evaluasi, yang dimulai dengan perencanaan dan pembuatan
soal-soal evaluasi, melaksanakan valuasi di kelas dan memberikan sekor serta
mengolah nilai menjadi nilai jadi.
1.2 Rumusan Masalah
a) Pengertian Evaluasi
b) Apa Perbedaan Pengukuran dan Penilaian?
c) Apa fungsi dan manfaat penilaian hasil
belajar?
1.3 Tujuan
a) Untuk mengetahui Pengertian Evaluasi
b) Untuk mengetahui Perbedaan Pengukuran dan
Penilaian
c) Untuk mengetahui fungsi dan manfaat penilaian
hasil belajar
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Evaluasi
Menurut
bahasa, evaluasi berasal dari bahasa inggris dari kata evaluation yang berarti
penilaian. Evaluasi adalah memberikan suatu nilai, harga terhadap sesuatu
dengan menggunakan criteria tertentu. Criteria yang di maksud adalah criteria
yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
G.W.
Brown mengemukakan bahwa evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses di
dalam menentukan nilai dari pada sesuatu.
Webster’s
dictionary mengemukakan bahwa evaluasi adalah suatu upaya untuk menentukan
nilai atau untuk menafsirkan suatu secara hati-hati.
Berdasarkan
penjelasan yang terkandung dalam defenisi diatas, menunjukkan kepada kita bahwa
dalam melakukan evaluasi harus di lakukan secara hati-hati, telii, dan
bertanggung jawab, sehingga mau tidak mau juga harus menggunakan strategi dan
teknik yang juga dapat di pertanggung jawabkan.
Sedangkan
menurut istilah ada beberapa defenisi tentang evaluasi yang di kemukakan para
ahli diantaranya adalah :
1. Menurut Suharsimi Arikunto:
Evaluasi
adalah kegiatan menilai dalam kegiatan pendidikan yang berorentasi pada proses
perkembangan yang telah di capai anak didik setelah mengalami proses pendidikan
dalam waktu tertentu.
2. Menurut Wayan Nurkancana:
Evaluasi
adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari pada
sesuatu dalam dunia pendidikan atau segala sesuatu yang ada hubungannya dengan
pendidikan.
3. Menurut Hasrun Harahap:
Evaluasi
adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan penilaian terhadap
perkenbangan dan kemajuan murid yang berkenaan dengan penguasaan bahan pelajar
yang disajikan kepada mereka serta nilai-nilai yang terhadap kurikulum.
4. Menurut Ngalim Purwanto:
Evaluasi
penafsiran terhadap pertembuhan kemajuanwan siswa kearah tujuan atau niali yang
di tetapkan dalam kurikulum.
5. Menutut E Gronlund:
Evaluasi
adalah suatu proses yang di laksanakan secara sistematis untuk menetukan atau
membuat keputusan sampai sejauh mana tujauan-tujan pengajaran telah di capai
siswa
6. Menurut Zainal Arifin:
Evaluasi
adalah suatu tindakan yang di lakukan evaluator terhadap suatu peristiwa.
7. Menurut S. Nasution:
Evaluasi
adalah mengumpulkan keteranga-keterangan secara sestematis tentang pengaruh
usaha kita dinalisis agar dapat di
ketahui apakah dan hingga manakah tujuan pengajaran telah di capai.
8. Menurut Chabib Toha:
Evaluasi
adalah kegitan yang terencana untuk mengatahui keadan suatu objek dengan
menggunakan instrument dan hasilnya di bandingkan dengan tolak ukur untuk
memperoleh kesimpulan.
9. Menurut Muhibbinsiyah:
Evaluasi
adalah penilain terhadap tingkat
keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah di tetapkan dalam sebuah
program .
Dari
berbagai pegartian yang telah di ungkapkan oleh para ahli tersabut di atas
,maka yang di maksud evaluasi adalah suatu
proses sestematik untuk memperoleh imformasi temtang kemajuan siswa
dalam ramgka memberikan penilain serta untuk nmengatahui sejauh mana siswa dapat
mencapai tujuan pengajaran.
Sedangkan
evaluasi pendidikan adal;ah suatu proses yang sestematis untuk mengukur atau
menilai kemampuan siswa dalam menguasai bahan-bahan yang telah disampaykam
melaluai proses pembelajaran dengan
member sekor atau nilai.
Sesuai
dengan pengartian tentang evaluasi pendidikan ,maka yang di maksud evaluasi PAI
adalah penilain terhadap tingkat keberhasiklan belajar siswa dalam
mencapai-mencapai tujuan-tujuan PAI sebagai mana yang di tetapkan di dalam GBPP
PAI.
Degan
demikian baik siswa maupun guru PAI
senantiasa meningkatkan usaha pencapain tujuan-tujuan yang di maksud.karnanya
guru PAI perlu menjaga agar dengan evaluasiasinya itub tidak terjadi dampak
nigatif yang menyebabkan siswa semakin malas atau takut belajar pendidikan
agama islam.justru yang di harus di tembulkan dengan kebijak sanaan dan rasa
senang belajar.
2.2 Perbedaan Pengukuran Dan Penilaian
Menurut
Suharsimi Arikunto, bahwa dalam evalusi ada dua kegiatan:
1. Pengukuran
Mengukur
adalah membandingkan sesuatu dangan
ukuran tertentu dan bersifat kuantitatif .sedangkan penialain memutuskan
atau menetapkan sesuatu keputusan terhadap sesuatu yang di ukur dan bersifat kualitatif.
2. Penilaian
Penilaian
dan pengukuran merupakan sutu proses yang terjadi dalam kegitan evaluasi .hasil
pengukuran belum banyak memiliki arti sebelum di interpretasi dengan jalan
membandingkan hasil pengukuran dengan setardar atau patokan yang telah di
tentukan sebelumnya .misalnya batas minimal lulus adalah 6 dan rata-rata nilai
kelompok 8 sedangkan nilai yang di peroleh siswa 7 .ini berarti siswa
bersangkuatan berada lebih tinggi dari batas minimal lulus dan lebih rendah
dari rata-rata nilai kelompok.
Ada dua
macam ukuran yang bisa dipakai, yaitu:
1. Ukuran yang tersatandar dan yang tidak
ersetandar. Misalnya kilogram ,materan ,jengkal,hasta , depa, langkah, dan lain sebagainya.
2. Ukuran perkiraan, misalnya berdasarkan
pengalaman bahwa jeruk yang manis biasanya ukurannya besar, warna kuning,
kulitnya halus.
Dalam
kegiatan pengukuran ada beberapa unsure yang terdapat didalamnya, yaitu:
Ada
objek yang diukur, alat ukur yang digunakan, ada proses pengukuran dan hasil
pengukurtan yang bersifat kuantitatif. Sedangkan dalam kegiatan penilaian ada
juga beberapa unsur yang terdapat didalamnya yaitu ada objek yang diukur,tujuan
pengukuran, alat ukur yang digunakan, ada proses pengukluran dan hasil
pengukuran yang bersifat kuantitatif, adanya standar yang dijadikan
perbandingan, ada proses perbandingan antara hasil penilaian yang bersifat
kualitatif.
2.3 Fungsi dan Manfaat Penilaian Hasil Belajar
Fungsi
penilaian hasil belajar dapat di bedakan menjadi dua macam, yaitu fungsi
formatif dan sumatif. Fungsi formatif dilaksanakan pada hasil yang diperoleh
dari kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu atau
sebagian besar bagian kurikulim yang sedang dikembangakan. Sedangkan fungsi
sumatif di hubungkan dengan penyimpulan mengenai kebaikan dari system secara
keseluruhan, dan fungsi ini baru dapatr dilaksanakan apabila pengembangan suatu
kurikulum telah dianggap selesai.
Fungsi
evaluasi memang cukup luas tergantung dari sudut mana kita melihatnya bila kita
lihat secara menyeluruh, fungsi evaluasi adalah sebagai berikut:
1. Secara Psikologis
Pesarta didik selalu butuh untuk
mengetahui sejauh mana kegiatan yang telah dilakukan sesuai denga tujuan yang
hendak dicapai peserta didik adalah manusia yang belum dewasa. Mereka masih
mempunyai sikap dan moral yang heteronum, membutuhkan pendapat orang-orang
dewasa seperti orang tua dan guru sebagai pedoman baginya untuk mengadakan
orientasi pada situasi tertentu.
2. Secara Sosiologis
Evaluasi
berfungsi untuk mengtahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun
ke masyarakat. maupun dalam artibahwa peserta didik dapat berkomunikasi dan
beradaptasi terhadap seluruh lapisan masyarakat dengan segala krakteristiknya.
3. Secara Didaktis Metodis
Evaluasi berfungsi untuk membantu guru
dapat menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan
dan kecakapan masing-masing.
4. Evalusi berfungsi untuk mengtahui kedudukan
peserta didik dalm kelompok apakah dia termasuk anak pandai, sedang, atau
kurang pandai.
5. Evaluasi berfungsi untuk mengtahui taraf
kesiapan peserta didik dalm menempuh program pendidikan.
6. Evaluasi berfungsi dalam embantu guru
menmberikan bimbingan dan seleksi.
7. Secara Administratif
Evaluasi
berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang
tua, pejabat pemerintah, yang berwenang,kepala sekolah, guru dan peserta didik
itu sendiri.
Mamfaat
penilaian hasil belajar adalah:
1. Untuk mengetahui tingkakt penguasaan peserta
didik terhadap materi yang telah diberikan.
2. Untuk mengtahui kecakapan, motifasi, bakat,
minat, dan sikap peserta didik terhadap program pembelajaran.
3. Untuk mengetahui tingkat kemajuan dan
kesesuaian hasil belajar peserta didik dengan standar kompotensi dan kompoteni
dasar yang telah di tetapkan.
4. Untuk mendiagnosis keunggulan dan kelemahan
pesera didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
5. Untuk seleksi yaitu memilih dan menentukan
peserta didik yang sesuai dengan jenis pendidikan tertentu.
6. Untuk menentukan kenaikan kelas.
7. Untuk menempatkan peserta didik sesuai denga
potensi yang dimilikinya.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Evaluasi
adalah suatu proses sestematik untuk
memperoleh imformasi temtang kemajuan siswa dalam ramgka memberikan penilain
serta untuk nmengatahui sejauh mana siswa dapat mencapai tujuan pengajaran.
Sedangkan
evaluasi pendidikan adalah suatu proses yang sestematis untuk mengukur atau
menilai kemampuan siswa dalam menguasai bahan-bahan yang telah disampaykam
melaluai proses pembelajaran dengan
member sekor atau nilai.
Mengukur adalah membandingkan sesuatu
dangan ukuran tertentu dan bersifat
kuantitatif .sedangkan penialain memutuskan atau menetapkan sesuatu keputusan
terhadap sesuatu yang di ukur dan
bersifat kualitat.
DAFTAR
PUSTAKA
- Qurtubi, Ahmad . 2012 . ” Pertumbuhan Madrasah Pada Periode Awal Sebelum Lahirnya Madrasah Nizhamiyah ” .
- Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A. (Ed.). 2012 . ” Sejarah Pendidikan Islam”. ( Jakarta : RjaGrafindo Persada )
- Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999).
- Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millennium Baru, ( Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999).
- Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung : Pustaka Setia, 1997)
postingannya sangat membantu. terimakasih..:)
BalasHapusterimakasih...sangat bermanfaat
BalasHapus